Pra Museum Onrust

pra museum onrust

Mungkin tidak banyak yang mengetahui mengenai Pra Museum Onrust. Museum ini yang terletak di kepulauan seribu yang berada di Jakarta. Meskipun terletak di Jakarta, museum ini menjadi salah satu museum yang memiliki nilai sejarah penting bagi bangsa Indonesia.

Tempat ini pernah merekam mengenai beberapa hal penting terkait penjajahan Belanda. Dahulu, ternyata pulau Onrust memiliki fungsi yang sangat strategis terutama pada saat masa-masa penjajahan bangsa Belanda.

Bagi siapa saja yang penasaran mengenai seperti apa pulau Onrust dan mengapa pulau ini disebut sebagai pulau sunyi silahkan lanjutkan membaca informasi di bawah ini.

Mengapa Pra Museum Onrust Bersejarah?

Untuk Anda yang belum mengetahui. Pulau ini menjadi salah satu lokasi saksi sejarah sejak abad 17 di mana banyak kapal-kapal Asia yang singgah di tempat ini untuk nantinya melanjutkan perjalanan ke Eropa.

Inilah awal dari bagaimana pulau ini menjadi salah satu pulau penting yang menjadi saksi sejarah perjalanan bangsa Indonesia dan juga perkembangannya sejak bangsa Belanda mulai masuk di Indonesia.

Selain itu masih banyak kisah yang mewarnai pulau Onrust yang memegang peran penting selama beberapa waktu untuk menjadi tempat transit komoditi dari Asia yang nantinya akan dipasarkan di Eropa.

Dengan menjadi salah satu lokasi transit kapal-kapal dagang dari Asia sebelum melanjutkan perjalanan ke Eropa, secara tidak langsung pulau Onrust menjadi salah satu bagian dari perdagangan dunia.

Inilah salah satu fakta yang harus kita ketahui bahwa Indonesia pun sudah memiliki peran penting dalam perdagangan dunia meskipun hanya sebagai salah satu lokasi singgah untuk sekedar menampung berbagai macam komoditi.

Bukan hanya itu saja, ternyata masih ada hal lainnya yang juga harus Anda ketahui mengenai pulau ini. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pulau ini juga pernah digunakan untuk kepentingan lainnya seperti sebagai tempat bagi pemerintah Hindia Belanda sebagai sarana pelabuhan.

Inilah yang terjadi pada masa penguasaan pemerintah Belanda di Indonesia yang membuat pulau ini menjadi pulau penting. Terdapatnya beberapa bangunan peninggalan, secara tidak langsung dapat menceritakan apa yang terjadi pada pulau ini.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa pulau ini pernah menjadi salah satu pulau yang dijadikan sebagai pelabuhan sejak abad 17 sampai dengan terjadinya erupsi gunung Krakatau. Dampaknya membuat pulau ini menjadi sepi dan kehilangan masa-masa keemasannya.

Hal lainnya yang membuat kejayaan pulau Onrust memudar adalah karena dibangunnya pelabuhan modern seperti Tanjung Periuk. Dengan adanya pelabuhan modern sudah pasti banyak kapal-kapal beralih ke sana.

Pra Museum Onrust menjadi salah satu museum yang menjadi saksi bagaimana Indonesia sempat menjadi tempat bersejarah untuk perdagangan dunia. Pulau ini juga menjadi bagian dari transportasi laut yang menjadi salah satu transportasi utama dari dan ke luar Indonesia.

Apa Saja Yang Bisa Ditemukan di Pulau Onrust?

Terdapat beberapa hal yang menarik mengenai Pra Museum Onrust. Kita akan menemukan bangunan yang menjadi museum di pulau Onrust ini. Di dalam bangungan itu, terdapat beberapa foto yang menggambarkan peristiwa yang pernah terjadi di pulau Onrust selama ini.

Dokumentasi tersebut seperti foto-foto mengenai karantina haji yang Dipusatkan di pulau Onrust. Inilah salah satu momen penting yang pernah terjadi di pulau onrust. Pada tahun 1930, ibadah haji masih menggunakan kapal sebagai transportasi utama menuju Tanah Suci.

Selain dokumentasi foto karantina haji, di Pra Museum Onrust juga bisa kita temukan bangunan seperti miniatur dari pulau yang dilengkapi dengan galangan kapal. Kemudian ada juga benteng yang ada di tengah ruangan.

Di sana kita bisa membayangkan pemandangan dan juga struktur bangungan yang dibangun untuk melengkapi fungsi pulau Onrust sebagai salah satu pulau yang juga menjadi pelabuhan pada waktu itu.

Inilah yang akan kita temukan di pulau Onrust selain benda-benda lainnya yang bisa kita lihat di halaman belakang museum ini.

Bbenda lainnya yang bisa kita lihat di tempat ini adalah koleksi benda dari masa perdagangan di abad 17. Kita bisa melihat pecahan keramik, botol kaca yang berasal dari daerah-daerah Eropa, Cina dan juga dari daerah lokal sendiri.

Selain itu, kita juga bisa melihat koleksi pecahan gerabah, mata uang Belanda pada tahun 1841 dan juga jangkar. Meskipun pernah hancur akibat letusan gunung Krakatau, pemerintah akhirnya berhasil menyelamatkan tempat ini dan membuatnya sebagai suaka purbakala.

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum kita berkunjung ke Pra Museum Onrust ada beberapa hal yang harus kita ketahui, seperti bagaimana kita bisa mencapai pulau tersebut ? Dengan menggunakan transportasi apa saja.?

Sebenarnya ada beberapa opsi yang bisa kita pilih. Mulai dari menggunakan mini carry dari Rawa Buaya ke Muara Kamal dan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat yang akan melayani antar jemput ke pulau tersebut. Dengan opsi ini kurang lebih membutuhkan dengan biaya Rp 30.000.

Atau kita bisa juga mengunjungi Pra Museum Onrust dengan menggunakan paket wisata. Dengan memiliih opsi ini, biaya / harganya kurang lebih Rp 100.000.

Sumber gambar: www.jakartatraveller.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *