Museum Istana Kepresidenan

Fakta Menarik Tentang Museum Istana Kepresidenan “Puri Bhakti Renatama”

Museum Istana Kepresidenan. Istana Kepresidenan merupakan suatu kawasan yang terkesan sangat formal yang bergelar tinggi. Seperti namanya, tempat ini diperuntukkan bagi Presiden Republik Indonesia dan keluarganya. Tidak semua orang bisa mengunjunginya. Utamanya adalah orang-orang penting dalam ketatanegaraan.

museum istana kepresidenan

Penjagaan di kawasan Istana Kepresidenan ini juga terbilang sangat ketat. Mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat, bahwa di kawasan Istana Kepresidenan ini terdapat sebuah museum bersejarah yang dinamakan Museum Puri Bhakti Renatama.

Museum Istana Kepresidenan “Puri Bhakti Renatama” ini memiliki keistimewaan yang menarik dibandingkan dengan museum lainnya. Museum ini juga tidak dibuka untuk umum.

Hanya orang-orang tertentu yang dapat mengunjunginya. Namun, sebagai warga negara Indonesia yang baik, Anda perlu mengetahui beberapa fakta menarik tentang Museum Istana Kepresidenan “Puri Bhakti Renatama” ini.

Simak ulasan mengenai fakta menarik Museum Istana Kepresidenan “Puri Bhakti Renatama” di bawah ini.

Sejarah Museum Istana Kepresidenan “Puri Bhakti Renatama”

Museum Istana Kepresidenan “Puri Bhakti Renatama” dibangun karena gagasan Ibu Tien Soeharto pada tanggal 30 Maret 1971. Pembangunannya ditangani oleh Ny. Herawati Diah dan Drs. Pangkoesmijoto. Museum ini merupakan museum pertama yang dibangun di kompleks Istana Kepresidenan.

Pembangunan Museum ini tidak begitu lama. Pada tanggal 28 Agustus 1971, pembangunan museum ini sudah selesai dan diresmikan. Hingga saat ini Museum Istana Kepresidenan “Puri Bhakti Renatama” dirawat dengan baik dan dilengkapi dengan penjagaan yang ketat.

Museum Puri Bhakti Renatama merupakan museum yang istimewa yang dimiliki oleh Indonesia. Nilai sejarah yang terkandung di dalamnya sangatlah kental dan bermakna karena bukan hanya dari dalam negeri, tetapi juga mancanegara. Melalui koleksi yang ada museum ini rasa persahabatan antara Indonesia dengan berbagai negara dapat dilihat dan dirasakan.

Fasilitas di Museum Istana Kepresidenan

Museum ini merupakan aset Istana Kepresidenan yang menyimpan koleksi berharga milik negara. Museum Puri Bhakti Renatama terdiri atas 2 lantai yang menyimpan koleksi yang berbeda, yaitu:

Lantai Bawah

  • Lantai bawah disebut dengan Dwipantara (Nusantara) yang menyimpan benda-benda seni dan kriya dari berbagai daerah di Indonesia. Benda-benda tersebut merupakan persembahan rakyat Indonesia sebagai bentuk kasih kepada Bapak Presiden dan Ibu Negara.

Lantai Atas

  • Lantai atas disebut dengan Pancabhuana (Lima Buana) menyimpan benda-benda berupa cenderamata dari Kepala Negara di berbagai negara sebagai bentuk kenangan atau persahabatan kepada Presiden Republik Indonesia.

Museum ini menyimpan berbagai koleksi bersejarah dan memiliki nilai artistik. Antara lain lukisan istana, keramik porselen dan kain tenun tradisional yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu koleksi yang paling menarik yaitu lukisan yang menggambarkan penangkapan Diponegoro dan Berburu Singa yang merupakan hasil karya Raden Saleh. Selain itu, museum ini menyimpan berbagai hadiah atau cenderamata dari tamu-tamu negara.

Terdapat beberapa ruang khusus di dalam Museum ini yaitu Ruang Irian Jaya, Ruang Barong, Ruang Raden Saleh, Ruang Syangka, Ruang Tongkonan, Ruang Wiwahabusana dan Ruang Mancanegara. Setiap ruangan memiliki keistimewaan masing-masing yang akan membuat pengunjung terpukau.

Lokasi dan Kontak Pengelola Museum

Museum Puri Bhakti Renatama ini terletak di kawasan Istana Kepresidenan, tepatnya di Jalan Veteran No. 16 Jakarta Pusat.

Kontak pengelola yang dapat dihubungi yaitu:

Telp: 34001 pes. 148, 347, 370.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi museum ini harus mengirimkan surat permohonan kepada Kepala Rumah Tangga Istana Presiden dan mendapatkan persetujuannya.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Museum

Museum Istana Kepresidenan “Puri Bhakti Renatama” hanya dibuka pada hari Jum’at mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB. Museum ini tidak sama dengan museum pada umumnya yang diperuntukkan sebagai destinasi wisata. Museum ini merupakan aset Istana Kepresidenan yang sangat berharga sehingga memiliki peraturan tertentu.

Tidak diketahui berapa harga tiket masuk ke Museum ini. Untuk lebih jelasnya, silakan menghubungi kontak pengelola yang bersangkutan. Biasanya pengunjung yang datang ke museum ini berbentuk rombongan.

Syarat Berkunjung ke Museum Istana Kepresidenan

Seperti yang sudah kami ulas beberapa kali bahwa museum ini bukanlah museum biasa yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Letaknya di kompleks Istana Kepresidenan membuat pengunjungnya harus mematuhi beberapa aturan berikut ini:

1. Harus mendapat persetujuan dari Kepala Rumah Tangga Istana Presiden

Pada umumnya mereka yang berkunjung ke museum ini dalam bentuk rombongan. Misalnya rombongan pelajar SMP, SMA, mahasiswa, karyawan dan lain-lain. Namun, tidak menutup kemungkinan perorangan juga diperbolehkan untuk mengunjungi museum ini.

Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi Museum ini sebaiknya mengirimkan surat permohonan dari jauh-jauh hari, karena surat yang masuk dimungkinkan tidak sedikit. Buatlah surat permohonan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku. Seluruh surat permohonan yang masuk perlu di-review terlebih dahulu oleh pihak berwenang sebelum disetujui.

2. Berpakaian rapi dan mengenakan sepatu formal

Museum ini berada di tempat resmi sehingga sudah seharusnya kita yang ingin mengunjunginya juga harus berpakaian rapi dan menjaga sopan santun. Pakaian bergaya terlampau kasual atau santai seperti kaos dan jeans sangat tidak diperkenankan.

Pengunjung juga harus menjaga sikap dan mematuhi setiap peraturan yang ada di Museum ini. Seperti, dilarang membuang sampah sembarangan, berteriak tanpa alasan, beranda gurau yang berlebihan dan lain-lain.

3. Minimal berusia 11 tahun

Anak-anak di bawah 10 tahun tidak diperkenankan untuk mengunjungi Museum ini.

Apabila dilihat dari konsepnya, Museum ini sangat cocok untuk memperluas wawasan para mahasiswa yang merupakan agen perubahan dan para profesional muda.

Itulah beberapa fakta mengenai Museum Istana Kepresidenan “Puri Bhakti Renatama” yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda tidak berkesempatan untuk mengunjunginya, jangan bersedih hati karena Anda masih bisa memperluas pengetahuan Anda tentang museum ini melalui artikel ini atau buku-bukunya yang telah diterbitkan.

Berkunjung ke museum-museum yang tersebar di Indonesia sangatlah disarankan untuk Anda. Karena melalui museum, kita dapat belajar tentang sejarah Indonesia yang sangat beraneka ragam. Hal itu merupakan sarana edukatif yang tepat bagi berbagai usia.

Jika membaca buku pelajaran dapat membuat mata lelah, melihat berbagai koleksi yang tersimpan di dalam suatu museum akan membuat Anda terpukau. Anda juga bisa berkunjung bersama keluarga, anak-anak dan orang-orang terdekat. Yuk, berkunjung ke museum sekarang juga!

Sharing is caring!

Copyright Museum Jakarta 2019
Shale theme by Siteturner