Baca Ini Sebelum Berkunjung Ke Museum Fauna Indonesia (TMII) !

May 20, 2019 0 By admin

Museum Fauna Indonesia. Berwisata sambil belajar memang perlu. Bukan hanya untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Salah satu hal yang menarik untuk ditelusuri ialah fauna atau hewan.

museum fauna indonesia

Berkunjung ke habitat aslinya seperti hutan mungkin terlalu berbahaya bagi Anda yang tidak biasa. Sebagai alternatifnya, Museum Fauna Indonesia yang terdapat di kawasan Taman Mini Indonesia Indah ini bisa menjadi yang paling recommended untuk Anda yang ingin berwisata sambil belajar tentang keragaman fauna yang ada di Indonesia.

Anda bisa mengajak serta keluarga untuk mengunjungi destinasi yang satu ini. Namun, sebelum beranjak ke sana, terlebih dahulu bacalah uraian mengenai Museum Fauna Indonesia di bawah ini.

Sejarah Museum Fauna Indonesia

Museum Fauna Indonesia atau yang disebut juga dengan Museum Komodo, merupakan sebuah museum yang menyimpan beragam koleksi satwa langka di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Satwa tersebut telah diawetkan sebelumnya sehingga bentuknya menyerupai patung.

Pembangunan museum ini memerlukan waktu kurang lebih satu tahun, mulai tanggal 1 Oktober 1975 sampai dengan tanggal 1 Juli 1976. Dan diresmikan pada tanggal 20 April 1978 secara langsung oleh Presiden Soeharto.

museum komodo

Pada tanggal 20 April 2001, di sekitar kawasan Museum Fauna Indonesia ini dibangun Taman Reptilia yang menyimpan berbagai jenis binatang reptil dalam keadaan hidup yang dirawat dan dipelihara hingga saat ini.

Fasilitas di Museum Fauna Indonesia

Museum Fauna Indonesia dibangun dengan arsitektur komodo, satwa purba yang hingga kini masih ada di Indonesia. Tepatnya di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Museum dengan luas bangunan sekitar 1.500 m² ini berdiri di lahan yang memiliki luas sekitar 10.120 m².

Pada bagian depannya terdapat sebidang taman dengan dua patung komodo yang saling berpelukan. Terdapat sebuah kolam kecil-kecil yang berisi kura-kura di bagian kanan gedung museum ini. Sementara di bagian kirinya, terdapat kumpulan biawak dan sejenisnya.

koleksi di museum komodo

Museum Fauna Indonesia terdiri atas dua lantai. Di dalam satu museum terdapat sekitar 150 jenis binatang asli yang telah diawetkan dan ditempatkan pada ruang kaca lengkap dengan replika habitatnya.

Lantai 1

Lantai pertama dilengkapi dengan koleksi berbagai jenis mamalia dan dan reptilia seperti di habitat aslinya. Hewan yang telah langka seperti komodo, beruang, harimau dan gajah dapat dilihat di sini. Pengunjung juga dapat melihat beragam jenis kupu-kupu, keong, kepiting, udang, serangga dan sebagainya.

Lantai 2

Lantai kedua di Museum ini berisikan beragam jenis burung yang ditempatkan sesuai dengan habitatnya. Seperti jenis burung yang dapat hidup di kebun, sawah, hutan, rawa, pantai, laut dan pegunungan mulai dari Sabang sampai Merauke.

Tak jauh dari gedung museum ini, dibangun Taman Reptilia yang berisikan hewan-hewan reptil yang hidup dan memiliki keunikan. Diantaranya komodo, kadal, biawak, ular sanca, ular berkaki, king kobra, kura-kura leher ular, penyu, kura-kura buaya, kodok, iguana, buaya dan lain sebagainya.

Tidak sekedar melihat dari jauh, pengunjung juga bisa menyentuhnya dengan pengawasan dari petugas ahli.

Fasilitas yang ada di Museum ini sudah cukup memadai. Diantaranya terdapat tempat parkir kendaraan, kursi taman, toilet umum dan lain-lain.

Jika pengunjung mulai merasa lelah saat berjalan mengamati setiap isi di dalam museum, pengunjung bisa beristirahat di kursi-kursi taman yang telah disediakan.

Lokasi dan Kontak Pengelola Museum

Museum Fauna Indonesia berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, lebih tepatnya di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, RW. 2, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820.

Museum ini dapat dijangkau dengan menaiki Bus Transjakarta koridor 10 dengan jurusan Priok – Cililitan.

Turunlah di depan Pusat Grosir Cililitan. Kemudian perjalanan diteruskan dengan menaiki angkutan T02 yang langsung menuju pintu masuk TMII.

Pengunjung juga bisa menggunakan Transjakarta koridor 9 dengan jurusan Pinang – Ranti Pluit, lalu turun di kawasan Tamini Square.

Lokasi Museum ini terletak di tengah perkotaan yang tidak sulit untuk ditemukan dan memudahkan pengunjung yang ingin menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi Anda yang ingin mengadakan acara tertentu di Museum ini atau semacamnya, silakan menghubungi kontak pengelolanya di bawah ini:

  • Telp. 021-8409521
  • Faks. 021-8409281

Anda dapat menghubungi pengelolanya selama jam kerja. Atau bisa juga datang langsung ke lokasinya.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam buka Museum Fauna Indonesia (TMII) ini mulai dari Senin – Minggu mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Harga tiket masuk ke museum ini cukup terjangkau yakni Rp 10.000,- per orang.

Tips Berkunjung ke Museum Fauna Indonesia

Apabila Anda ingin berkunjung ke museum ini dan menikmati segala fasilitasnya dengan maksimal, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Jangan berkunjung di akhir pekan atau hari libur nasional

Pada waktu-waktu tersebut, harga tiket bisa lebih mahal dan jumlah pengunjung membludak. Alhasil ruang gerak Anda pun menjadi terbatas dan hampir hanya sedikit fasilitas yang mungkin bisa Anda nikmati dengan leluasa.

2. Berkunjung mulai dari pagi hari

Pagi merupakan waktu yang tepat untuk memulai aktivitas. Pada jam-jam sekitar pukul 05.00 hingga pukul 09.00, matahari belum begitu tinggi sehingga tidak terlalu panas. Justru sinar matahari di jam ini dinilai lebih menyehatkan tubuh.

Nah, jika Anda ingin berkunjung ke Museum Fauna Indonesia, berangkatlah dari lokasi Anda sejak pagi hari. Lebih baik lagi saat matahari baru muncul. Selain bisa terhindar dari kemacetan ibukota, Anda juga dapat terhindar dari keringat yang bercucuran karena panasnya cuaca.

3. Bawalah bekal dari rumah

Meski nantinya di lokasi museum terdapat kantin atau warung makan. Tak ada salahnya membawa bekal makanan yang lebih sehat dan higienis. Pengeluaran Anda juga jadi lebih hemat.

4. Bersikap sopan santun dan mematuhi peraturan

Berlibur ke mana pun, Anda harus menjaga sikap dan perilaku sesuai dengan norma yang berlaku. Patuhi semua peraturan yang ada. Jangan coba-coba untuk melanggarnya karena hal buruk bisa saja terjadi pada Anda!

5. Kamera, benda yang wajib dibawa saat berlibur!

Benda yang satu ini jangan lupa untuk dimasukkan ke dalam tas. Paling tidak, Anda wajib membawa handphone berkamera yang resolusinya bagus. Abadikan setiap momen liburan Anda yang berkesan melalui tangkapan kamera. Foto-foto yang telah diambil tersebut akan sangat berharga di kemudian hari.

Bagi Anda yang berada di Jakarta untuk menetap atau sekadar berkunjung, silakan mengunjungi Museum Fauna Indonesia atau Museum Komodo ini.

Selain menyegarkan pikiran, Anda bisa memperluas wawasan tentang fauna yang ada di Indonesia melalui museum ini. Selain itu, museum ini menjadi wahana yang tepat untuk sarana edukasi anak-anak maupun orang dewasa. Selamat berlibur!

Sharing is caring!