Museum Jakarta

Mengulas museum-museum di Jakarta

Museum Joang 45, Bukti Sejarah Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi!

Museum Joang 45 adalah bukti sejarah dari perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Jika Anda berlibur ke Jakarta, maka tempat yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Anda bisa belajar sejarah lebih dalam dan rasa cinta Anda pada tanah air pun akan semakin besar, seperti kata pepatah, “Jas merah, jangan pernah lupakan sejarah!”.

Sebelum berkunjung ke museum ini, tak ada salahnya untuk mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu. Maka Anda akan menjadi pengunjung yang lebih berkualitas. Nah, berikut ini sekilas mengenai Museum Joang 45 yang akan mengubah pikiran Anda untuk mengunjunginya ketika berada di Jakarta.

Sejarah Museum Joang 45

museum joang 45

Pada masa pendudukan Belanda, bangunan yang berdiri pada tahun 1920-an ini diperuntukkan sebagai hotel dengan pengelola keluarga L.C. Schomper. Kemudian pada masa pendudukan Jepang, status hotel berubah menjadi kantor yang dikelola oleh Ganseikanbu Sendenbu. Semenjak itu, bangunan ini dijadikan sebagai tempat belajar politik.

Hingga pada akhirnya, bangunan ini jatuh kembali kepada Indonesia dan dijadikan sebagai museum atau tempat peninggalan sejarah. Salah satu bukti kekayaan Indonesia tentang sejarah. Baca tentang sejarah bangunan museum di sini.

Koleksi Museum Joang 45

Museum Joang 45 menyimpan banyak koleksi sejarah perjuangan kemerdekaan yang akan membuat Anda kagum terhadap jasa para pahlawan. Di antaranya, mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Pertama yang disebut juga sebagai mobil REP 1 dan REP 2, Mobil Peristiwa Pemboman di Cikini, dokumentasi dan lukisan yang mengisahkan perjuangan bangsa Indonesia pada tahun 1945 hingga 1950-an. Selain itu, terdapat patung-patung pahlawan yang telah berjuang di dalamnya yang dibuat dalam bentuk dada.

Fasilitas di Sekitar Museum Joang 45

Museum ini tidak hanya menyajikan berbagai koleksi yang menarik, tetapi juga dilengkapi dengan fasilitas lain yang mendukung. Di antaranya:

  1. Halaman belakang yang cukup luas dan teduh
  2. Bioskop Joang 45 yang khusus menayangkan film dokumenter dan film tentang perjuangan pada jaman dahulu
  3. Perpustakaan yang menyimpan referensi ilmiah, terletak di samping kanan gedung
  4. Kantin Joang yang menyediakan berbagai makanan yang lezat untuk para pekerja dan pengunjung museum
  5. Childernroom, ruang khusus untuk menunjang kreativitas anak
  6. Foto Studio, yang menyimpang banyak kostum pahlawan yang bisa disewa oleh pengunjung yang ingin berfoto
  7. Teater Anak
  8. Toko suvenir atau cendermata yang menjual barang-barang sebagai oleh-oleh pengunjung
  9. Masjid sebagai tempat ibadah.

Jangan khawatir karena Anda bisa beristirahat di fasilitas yang tersedia setelah atau di sela-sela mengamati setiap detail dari museum ini. Dengan fasilitas yang sangat menunjang tersebut, Anda bisa mengajak serta keluarga atau orang-orang tercinta untuk mengunjungi museum bersejarah ini.

Baca juga tentang museum sejarah jakarta di sini.

Alamat Museum Joang 45

Museum Joang 45 berlokasi di Jalan Menteng Raya No. 31, Kebon Sirih Menteng, Jakarta  Pusat. Letaknya tak jauh dari Tugu Tani. Lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau. Bagi Anda yang ingin mengunjungi museum ini, bisa menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum atau online.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Museum Joang 45 buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Harga tiket masuknya sekitar Rp 2.000,- (anak-anak), Rp 3.000,- (mahasiswa) dan Rp 5.000,- (dewasa). Harga tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kegiatan yang diadakan di Museum Joang 45

Ada berbagai kegiatan atau aktivitas yang dapat dilakukan di museum ini. Museum Joang 45 berperan sebagai fasilitator yang dapat digunakan oleh masyarakat umum. Beberapa kegiatan yang kerap diadakan di museum ini antara lain sebagai berikut:

  1. Penyuluhan tentang museum
  2. Pameran dan diskusi
  3. Keterlibatan dalam Jabodetabek dan dalam daerah
  4. dan lain-lain.
  1. Pekan Museum Joang, terbuka untuk umum, ada berbagai macam lomba atau kompetisi yang diadakan, antara lain lomba puisi, lomba pidato, lomba mewarnai, lomba melukis, lomba sejarah dan budaya.
  2. Napak Tilas Proklamasi
  3. Pameran Temporer
  4. Pameran Keliling
  5. dan lain-lain.

Jika Anda berminat untuk terlibat dalam salah satu kegiatan di atas, silakan menghubungi pengelola Museum Joang 45.

Kontak Pengelola Museum Joang 45

Anda dapat menghubungi pengelola Museum Joang 45 ini, melalui:

Telp. (021) 390-9148 dan Fax (021) 392-3185
Email: museumjoangjakarta@yahoo.co.id

6 Manfaat Berkunjung ke Museum Joang 45

Masa lalu dalam bentuk sejarah merupakan hal penting yang harus kita ketahui. Ada banyak manfaat belajar atau berkunjung ke destinasi museum, antara lain:

  1. Mengenal kisah sejarah bangsa Indonesia : Kisah tentang sejarah bangsa Indonesia begitu kompleks. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki sejarahnya masing-masing. Namun, yang paling penting untuk diketahui ialah sejarah tentang lahirnya Indonesia atau yang dikenal dengan kemerdekaan dimana menceritakan cikal bakal terbentuknya Indonesia hingga seperti sekarang ini.
  2. Memahami proses perjuangan para pahlawan : Kemerdekaan tidaklah diperoleh dengan mudah, butuh perjuangan yang teramat sulit. Dari perjuangan para pahlawan tersebut, kita akan belajar lebih baik dalam menghadapi kehidupan ini. Ingatlah bahwa pengalaman adalah guru terbaik.
  3. Menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air : Sebagai bangsa Indonesia sudah sepantasnya kita menanamkan rasa cinta terhadap tanah air yang mendalam. Tanamkanlah di dalam hati kita untuk menjaga tanah air ini dengan penuh rasa cinta. Sebarkan semangat tersebut pada orang-orang di sekitar kita.
  4. Menyegarkan pikiran : Refreshing tidak harus ke tempat-tempat yang jauh atau mewah. Tempat-tempat bersejarah seperti Museum Joang 45 ini bisa menjadi destinasi wisata yang terbaik. Bahkan Anda bisa menemukan hal-hal baru di tempat ini yang belum pernah Anda temukan di tempat lainnya.
  5. Sebagai hiburan : Setiap manusia memerlukan hiburan untuk menghindari stres akibat aktivitas sehari-hari yang begitu padat. Berkunjung ke museum ini bisa menjadi hiburan murah yang mengasyikkan.
  6. Menuliskan tentang kekayaan Indonesia : Bagi Anda yang suka menulis blog, artikel atau cerpen/novel dan lain sebagainya. Museum Joang 45 ini bisa menjadi topik yang menarik untuk dikembangkan. Siapa tahu jika Anda akan menemukan inspirasi baru untuk menulis atau membuat vlog (video blog) dan lain sebagainya.

Saat Anda merasa suntuk atau jenuh dengan aktivitas sehari-hari, maka ini saatnya Anda keluar dari rutinitas sesaat untuk menyegarkan pikiran dengan berkunjung ke Museum Joang 45 ini. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan budget untuk menikmati berbagai fasilitas menarik di dalamnya. Bahkan selain pikiran Anda menjadi fresh atau segar kembali, rasa cinta Anda terhadap tanah air pun akan semakin meningkat.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai Museum Joang 45. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membaca artikel ini. Daripada berlarut-larut dalam rasa penasaran, sebaiknya rencanakanlah kunjungan Anda ke museum ini sekarang juga! Jangan lupa untuk mengajak serta orang-orang terdekat Anda! Selamat berlibur dan selamat belajar tentang sejarah Indonesia!

Sharing is caring!