Museum Jakarta

Mengulas museum-museum di Jakarta

Home »

Monumen Pancasila Sakti, Mengenal Lebih dalam Sejarah “Lubang Buaya”

Monumen Pancasila Sakti merupakan sebuah museum yang dibangun dari gagasan Presiden Indonesia yang kedua Soeharto. Bangunan tersebut didirikan di atas tanah yang memiliki luas 14,6 hektar. Tujuan dari pembangunan monumen ini adalah untuk mengingat perjuangan para pahlawan revolusi yang berjuang dalam mempertahankan ideologi negara Indonesia dari ancaman ideologi komunis.

monumen pancasila sakti

Adapun keenam pahlawan revolusi yang dikenang di dalam Monumen Pancasila Sakti ini diantaranya adalah Letjen TNI Ahmad Yani (merupakan Panglima Angkatan Darat), kemudian R. Suprapto (merupakan Mayjen TNI), M.T Haryono (Mayjen TNI), Siswondo Parman (Mayjen TNI), DI Panjaitan (merupakan Brigjen TNI), Sutoyo Siswomiharjo (merupakan Brigjen TNI) dan Lettu Pierre Tendean (merupakan Perwira TNI sekaligus ajudan dari AH. Nasution).

Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi monumen ini, maka admin sarankan untuk meperhatikan cuaca lebih dulu agar nantinya liburan Anda bisa berjalan lancar dan lebih optimal. Jangan lupa membawa payung, jangan sampai kunjungan Anda jadi tidak maksimal gara-gara hujan turun.

Pada lokasi museum suasana masih sangat sejuk, banyak terdapat pohon yang rindang dari mulai pintu masuk hingga ke lokasi objek musem. Walaupun banyak pohon rindang, jarak lokasi objek museum satu ke objek lainnya terbilang cukup jauh, sehingga membawa payung sangat dianjurkan.

Manfaat Mengunjungi Monumen Pancasila Sakti

Mengunjungi Monumen Pancasila Sakti banyak mendapatkan manfaat, dari sisi sejarah dan juga pelajaran hidup yang lebih bermakna. Untuk para remaja setelah berkunjung diharapkan untuk bisa mengaplikasikan bagaimana membela ideologi pancasila dan mengenang jasa para pahlawan dalam peristiwa sejarah tersebut.

Bicara tentang manfaat berkunjung ke monumen ini, maka berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diambil jika berkunjung ke monumen pancasila sakti:

  1. Yang pertama adalah sebagai sebuah wisata sejarah, selain untuk sekedar berjalan-jalan sambil rekreasi dilingkungan yang sejuk dan rimbun, nantinya Anda juga dapat lebih mengenal seperti apa sejarah di masa itu. Mengenang sejarah dan menghargai jasa para pahlawan sangatlah penting dalam kehidupan kita.
  2. Kemudian yang kedua adalah Anda bisa belajar mengenai seperti apa perjuangan para pahlawan revolusi hingga rela bertaruh nyawa untuk mempertahankan ideologi pancasila. Dengan demikian generasi muda juga dapat meniru semangat dan juga perjuangannya dalam membela bangsa dan negara Indonesia.

Fasilitas Di Monumen Pancasila Sakti

Di Monumen Pancasila Sakti ini terdapat beberapa fasilitas yang terbilang cukup lengkap, beberapa diantaranya adalah area parkir kendaraan cukup luas, kemudian juga terdapat sebuah hotel dan penginapan, lalu juga terdapat kamar mandi, tempat istirahat, sehingga Anda bisa beristirahat untuk menghilangkan lelah.

Dilokasi monumen juga terdapat rumah makan yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman yang bisa melengkapi dan memenuhi kebutuhan Anda pada saat berkunjung ke monumen ini, dan lain lain.

Sejarah Monumen Pancasila Sakti

Monumen ini dibangun di Kelurahan Lubang Buaya, lebih tepatnya di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur di atas tanah seluas14,6 hektar. Dengan luas tersebut jelas lokasi monumen ini memiliki beberapa objek yang menjadi perhatian masyarakat.

Di sebelah selatan lokasi monumen tersebut terdapat sebuah markas besar TNI Cilangkap, kemudian di sebelah utara terdapat Bandara Halim Perdanakusuma, lalu di sebelah timur terdapat Pasar Pondok Gede dan untuk sebelah barat terdapat Taman Mini Indonesia Indah.

Sebelum Monumen Pancasila Sakti ini menjadi sebuah museum sejarah, tempat ini merupakan sebuah tanah ataupun kebun kosong yang dijadikan sebagai tempat pembuagan terakhir para korban G30S atau Gerakan 30 September 1965.

Di kawasan kebun kosong tersebut juga terdapat suatu lubang sumur yang sudah tua dengan kedalaman 12 meter dan berdiameter 75 cm yang digunakan untuk membuang jenazah korban peristiwa sejarah G30S.

Objek Yang Dilihat Di Kawasan Monumen Pancasila Sakti

Jika Anda berkunjung ke monumen ini, Anda akan disambut degan tulisan ucapan selamat datang, letaknya ada di lokasi setelah tempat pengambilan karcis, kemudian juga terdapat sebuah gedung yang lokasinya berhadapan dengan lokasi parkir, gedung tersebut bernama Museum Penghianatan PKI.

Museum Penghianatan PKI

Setelah itu terdapat sebuah poster dengan ukuran yang cukup besar dengan gambar Garuda serta tujuh orang pahlawan yang ada di sisi kiri dari Gedung Museum Penghianaan PKI tersebut.

Selain itu, terdapat sebuah miniatur yang terdapat di dalam kaca. Kemudian Anda juga bisa menjumpai sebuah prasasti yang terletak di dinding sisi kanan pada pintu masuk, prasasti tersebut merupakan sebuah prasasti peresmian dari Museum Penghianatan PKI yang ditanda tangani oleh Presiden Indonesia yang kedua yaitu Bapak Soeharto di tanggal 1 Oktober 1992.

Lain dari itu, terdapat beberapa objek lain di Monumen Pancasila Sakti yang bisa dilihat, contohnya saja seperti rumah penyiksaan, di rumah ini dulunya digunakan untuk menyiksa para pahlawan yang membela ideologi pancasila.

Banyak korban yang disiksa bahkan sampai meninggal dan jenazah tersebut dibuang ke dalam sumur tua yang bernama lubang buaya. Kemudian juga terdapat pos komando, lalu sebuah dapur, ruang teater, museum paseban dan juga mobil yang mana digunakan pada saat masa G30S/PKI.

Selain beberapa objek tersebut, nantinya Anda juga bisa mengunjungi Museum Penghianatan PKI yang lokasinya berada pada lokasi yang sama di dalam museum Monumen Pancasila Sakti tersebut. Di dalam museum ini terdapat beberapa dokumentasi asli dari peristiwa di masa itu. kemudian juga terdapat beberapa barisan kronologi yang menggunakan miniatur duplikasi pada setiap peristiwa yang terjadi di masa tersebut.

Untuk beberapa miniatu, diletakkan di dalam ruangan kaca dan diberikan keterangan yang berupa teks pada bagian depan miniatur tersebut. Kemudian juga pada lantai dua terdapat pakaian dan bendera peninggalan peristiwa di masa itu. Lalu terdapat pula sebuah cuplikan pidato yang tertempel di dinding dari Jenderal A.H Nasution.

Selain itu, terdapat sebuah pahatan yang serupa dengan prasasti dengan tulisan Pancasila lengkap hingga sila kelima. Tulisan sila-sila dalam pancasila tersebut ditulis menggunakan ejaan lama. Dan yang terakhir terdapat tujuh patung yang menjadi ikon Monumen Pancasila Sakti, dimana tujuh patung tersebut merupakan pahlawan revolusi sekaligus juga para korban yang dimasukkan pada sumur maut atau lubang buaya.

tujuh pahlawan revolusi

Alamat Dan Nomor Telephone Monumen Pancasila Sakti

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Monumen Pancasila Sakti, nantinya Anda bisa menuju ke Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Untuk memastikan jadwal kunjungan, Anda bisa menghubungi nomor telephone museum ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Silahkan dial nomor telephone 0218400423 atau melalui fax di nomor 0218411388.

Untuk melihat daftar museum di jakarta Anda bisa kembali ke halaman ini.

Jam Operasional Dan Tiket Masuk Monumen Pancasila Sakti

Harga dari tiket masuk ke Monumen Pancasila Sakti terbilang sangat terjangkau karena HTM nya hanya sebesar Rp 5.000,- saja Anda sudah bisa masuk ke Monumen ini. Harga tiket masuk tersebut diluar biaya parkir.
Sedangkan untuk jam operasional, monumen ini dibuka setiap hari pada pukul 09.00 sampai dengan 16.00.

Dengan demikian Anda bisa mengunjungi monumen tersebut kapan saja asalkan setelah jam 09.00 dan sebelum pukul 16.00. Jadi dengan berwisata sejarah di Monumen Pancasila Sakti ini nantinya Anda akan mendapatkan berbagai pengalaman dan juga pengetahuan mengenai sejarah dari monumen tersebut.

Koleksi foto-foto pada saat melakukan kunjungan ke monumen pancasila sakti

 

Sharing is caring!